Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan tahun 2015

Rapat pertama Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan tahun 2015 dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2015 dan bertempat di ruang rapat Bappeda Kota Solok. Wakil Walikota Solok, H. Zul Elfian, SH, MSi selaku Ketua TKPK Kota Solok langsung memimpin rapat ini yang dihadiri oleh anggota Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan yang terdiri dari kelompok kerja dan kelompok program.

Dokumen Strategi Penanggulangan Kemiskinan Kota Solok

Penyusunan Dokumen Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD) ini pada dasarnya melengkapi dan mengkolaborasi secara lebih mendalam Visi, Misi, Kebijakan dan Program-Program Penanggulangan Kemiskinan yang telah dicantumkan dalam dokumen RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Solok Tahun 2010-2015.

Data Keluarga Miskin Kota Solok

Penduduk miskin Kota Solok dari Tahun 2005 sampai Tahun 2010 cenderung mengalami penurunan dari 2.424 rumah tangga menjadi 1.928 rumah tangga. Namun, berdasarkan release data TNP2K dalam rangka program perlindungan sosial, pada Tahun 2011 mengalami peningkatan menjadi 2.774 rumah tangga.

Penanggulangan Kemiskinan

Masyarakat miskin secara umum ditandai dengan ketidakberdayaan atau ketidakmampuan dalam hal memenuhi kebutuhan dasar (basic needs) seperti pangan dan gizi, sandang, papan, pendidikan dan kesehatan. Di samping itu masyarakat miskin juga ditandai dengan ketidakmampuan dalam melakukan kegiatan usaha produktif serta ketidakmampuan dalam menjangkau/mengakses sumberdaya sosial dan ekonomi. Kemiskinan dapat menghambat pencapaian demokrasi, persatuan dan keadilan, sehingga penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu kebijakan utama yang diperlukan untuk memperkuat landasan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.