Upaya Pemerintah Kota Solok agar seluruh anak memperoleh pendidikan, dilakukan antara lain melalui penyediaan sekolah mulai dari tingkat taman kanak-kanak sampai sekolah menengah atas dan sekolah kejuruan. Disamping membuka peluang partisipasi swasta, terutama untuk pendidikan taman kanak-kanak, sekolah dasar dan tingkat sekolah menengah kejuruan. Bahkan Pemerintah Kota Solok mulai Tahun 2010 telah merintis pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelompok Pariwisata dengan bidang keahlian  tata boga, tata busana dan perhotelan, berlokasi di Kelurahan Laing.

Sementara itu jika dilihat dari angka partisipasi kasar untuk tingkat pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah tingkat pertama, pencapaian angka diatas 100 dalam tiga tahun terakhir, sekaligus menunjukkan bahwa keberadaan sekolah dasar dan sekolah menengah tingkat pertama telah mampu menyerap penduduk usia 7 – 15 tahun untuk mengenyam pendidikan. Walaupun jika dilihat dari angka partisipasi murni, yang belum mencapai 100,berarti masih terdapat penduduk usia 7 – 15 tahun yang belum menikmati pendidikan. Namun demikian, satu hal yang menarik, adalah pada tingkat pendidikan sekolah menengah atas maupun kejuruan, siswa yang bersekolah di Kota Solok tidak hanya yang berdomisili di Kota Solok, diantaranya ada yang berasal dari luar kawasan Kota Solok yang berdekatan, sebagaimana terlihat dari angka partisipasi murni untuk tingkat sekolah menengah atas/ kejuruan, yang berada diatas 100 tidak hanya pada tiga terakhir. Hal ini menjadi satu nilai lebih dari penyediaan  sekolah menengah atas/ kejuruan di Kota Solok.

Secara mendasar upaya memajukan masyarakat Solok melalui pendidikan, tergambar melalui penurunan angka buta aksara dan peningkatan angka melek huruf, dan profesionalitas tenaga pendidik, sebagaimana data tiga tahun terakhir. Angka buta aksara pada Tahun 2010 sebesar 1,40 dapat ditekan menjadi 0,20 pada tahun 2012. Sementara, angka melek huruf pada Tahun 2010 sebesar 98,60 persen dapat ditingkatkan menjadi 99,80 persen, pada Tahun 2012. Sebagaimana secara tergambar dari beberapa Indikator Kinerja Pembangunan Pendidikan di Kota Solok berikut ini :