Pembangunan Sosial Dan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas

Pelaksanaan agenda pembangunan sosial dan sumber daya manusia yang berkualitas ditujukan dalam rangka pencapaian tiga misi RPJMD 2011 - 2015, yakni misi meningkatkan kualitas pelayanan bidang pendidikan dan kesehatan, dan misi meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial dan penanggulangan kemiskinan serta misi meningkatkan pembinaan kepemudaan dan olah raga.

Peningkatan kualitas dan Tatanan Kehidupan Masyara

Peningkatan kualitas dan Tatanan Kehidupan Masyarakat

Dalam rangka meningkatkan kualitas tatanan kehidupan masyarakat yang beriman dan bertaqwa serta mengembangkan nilai-nilai adat dan budaya di tengah masyarakat berlandaskan adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah, diantaranya melalui :

Pembangunan Hukum dan Tata Pemerintahan Yang Baik

Pembangunan Hukum dan Tata Pemerintahan Yang Baik dan Bersih (good local governance and clean government) bertujuan untuk mewujudkan transparansi, akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas pelayanan pemerintahan dan penegakan peraturan daerah yang berkeadilan.

Pembangunan Pendidikan di Kota Solok

Upaya Pemerintah Kota Solok agar seluruh anak memperoleh pendidikan, dilakukan antara lain melalui penyediaan sekolah mulai dari tingkat taman kanak-kanak sampai sekolah menengah atas dan sekolah kejuruan. Disamping membuka peluang partisipasi swasta, terutama untuk pendidikan taman kanak-kanak, sekolah dasar dan tingkat sekolah menengah kejuruan. Bahkan Pemerintah Kota Solok mulai Tahun 2010 telah merintis pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelompok Pariwisata dengan bidang keahlian  tata boga, tata busana dan perhotelan, berlokasi di Kelurahan Laing.