Kepadatan Penduduk Menurut Administrasi Wilayah

Kepadatan penduduk Kota Solok pada Tahun 2013 berkisar 1.102 jiwa/km2 dengan tingkat kepadatan secara administrasi kecamatan, relatif lebih tinggi di Kecamatan Tanjung Harapan yaitu berkisar 1.210 jiwa/ km2 dibandingkan dengan Kecamatan Lubuk Sikarah yang hanya berkisar 1.002 jiwa/ km2.

Bron Captering Pincuran Gadang

Bangunan Bersejarah di Kota Solok

Bron Captering Pincuran Gadang merupakan salah satu peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1923. Bron Captering masih berfungsi hingga saat ini dalam memasok kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Solok, dengan sistem transmisi dan distribusi gravitasi dari Mata Air Pincuran Gadang.

Land Use Kota Solok

Perkembangan penggunaan lahan Kota Solok, secara garis besar komposisinya selama lima tahun terakhir tidak mengalami perubahan yang signifikan, dengan jenis penggunaan lahan yang dominan adalah hutan, sawah dan perumahan.

Demografi Kota Solok

Penduduk Kota Solok berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010 berjumlah 59.396 jiwa dengan laju pertumbuhan antar sensus rata-rata 2,13 persen. Sedangkan dari data registrasi kependudukan Kota Solok Tahun 2012, telah meningkat menjadi berjumlah 66.753 jiwa, dengan perbandingan penduduk menurut kelompok umur :