RKPD Kota Solok Tahun 2017

Rencana Pembangunan Tahunan Daerah, yang selanjutnya disebut Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 (satu) tahun sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional

RKPD Kota Solok Tahun 2016

Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) adalah dokumen perencanaan tahunan Pemerintah Daerah yang merupakan penjabaran dari RPJMD serta mengacu pada RKPD Provinsi dan RKP Nasional.

Penyusunan RKPD merupakan tahapan sistem perencanaan pembangunan daerah yang dimulai dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Penyusunan RKPD ditujukan sebagai upaya mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang sinergis dan terpadu antara perencanaan pembangunan Nasional, Provinsi dan Kota. Dengan demikian, maka substansi RKPD mengacu kepada RPJM Daerah, RPJP Daerah, RPJM Nasional, serta RKP.

Indikator Makro Daerah

Berdasarkan capaian indikator kinerja makro pembangunan Kota Solok kurun waktu 2010 - 2014, secara umum pelaksanaan pembangunan daerah telah dapat memenuhi harapan, diantaranya  dapat dilihat dengan peningkatan indeks pembangunan manusia yang, umur harapan hidup, penurunan tingkat kemiskinan, keberhasilan pengendalian inflasi, peningkatan investasi daerah dan kecenderungan penurunan ketimpangan pendapatan (indeks Gini Ratio) dengan rata-rata laju pertumbuhan ekonomi dikisaran 5 - 6 persen. Namun demikian, terdapat kecenderungan peningkatan pengangguran terbuka pada 2013 - 2014

Pembangunan Jalan Lingkar Utara Kota Solok

Pembangunan Jalan Lingkar Utara Kota Solok

Pembangunan jalan lingkar utara Kota Solok bermula dari gejala kepadatan lalu lintas di dalam kota, akibat pencampuran antara arus lalu lintas lokal dan regional dalam menggunakan jalan utama kota yang juga merupakan jalan arteri.

Pelestarian Kota Solok Heritage

Kota Solok (Kamis, 12/5)–Kemendikbud RI melalui BPCB Regional Sumbar, Riau dan Kepri menyelenggarakan Sosialisasi Pemugaran Rumah Gadang Gajah Maharam di Ruang Rapat BAPPEDA Kota Solok. Kegiatan yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinas PORKP) tersebut diikuti oleh 40 (empat puluh) orang peserta yang berasal dari beberapa SKPD, Kodim 0309/Solok, Polres Solok Kota, Camat Lubuk Sikarah, Lurah KTK, Ninik mamak, Bundo Kanduang, Ketua Pemuda dan pemilik/pengelola Rumah Gadang yang terletak di Kelurahan KTK tersebut.

Kondisi Makro Ekonomi Kota Solok 2015

Perkembangan indikator makroekonomi Kota Solok memperlihatkan kinerja yang masih dibawah dari target yang ditetapkan dalam RPJMD Kota Solok 2011 – 2015, diantaranya untuk pertumbuhan ekonomi dan PDRB per kapita.

Musrenbang RKPD Kota Solok Tahun 2017

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Solok Tahun 2017 dilaksanakan pada Tanggal 29 s/d 31 Maret 2016, dengan acara pembukaan dilaksanakan di Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok, dan dilanjutkan dengan diskusi kelompok (Bidang Pemerintahan; Bidang Ekonomi; Bidang Sosial Budaya dan Bidang Prasarana Wilayah) bertempat di Kantor Bappeda Kota Solok di Jalan Lubuk Sikarah No. 89

Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RPJMD Kota Solok 2016 - 2021

Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan rancangan awal RPJMD Kota Solok 2016 - 2021 merupakan rangkaian proses pengumpulan data dan informasi, termasuk isu-isu strategis dari segenap unsur pemangku kepentingan sehingga impian Kota Solok menjadi kota yang lebih maju sesuai dengan visi dan misi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih periode 2016 - 2021 "Terwujudnya Masyarakat Kota Solok yang Beriman, Bertaqwa, dan Sejahtera menuju Kota Perdagangan, Jasa serta Pendidikan yang Maju dan Modern"

Pembangunan dan Pengembangan Pasar Raya Solok

Dalam rangka mewujudkan Kota Solok sebagai Kota Sentra Perdagangan, Jasa dan Pendidikan di Sumatera Bagian Tengah Tahun 2025, pada periode RPJMD 2010 - 2015 ini telah ada fasilitas Los Daging Higienies yang memberikan satu kenyamanan dan keyakinan dalam konsumsi daging yang dijual di Pasar Raya Solok,

Kreatifitas dan Inovasi (Krenova) Kota Solok

Dalam rangka pelaksanaan ekonomi kreatif dan mendorong kompetisi karya inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi kelompok masyarakat,secara rutin dilaksanakan lomba kreatifitas dan Inovasi (KRENOVA) sehingga tergali potensi sumber daya alam dan kebutuhan inovasi baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pacuan Kuda Di Ampang Kota Solok 2015

Pergelaran Alek Anak Nagari - Pacuan Kuda Di Ampang

Pada Tanggal 31 Mei sampai 1 Juni 2015 masyarakat Kota Solok menyelenggarakan Pacu Kuda Terbuka dan Tradisional Putaran 7 di Gelanggang Pacuan Kuda Ampang Kualo Kelurahan Kampung Jawa yang merupakan gelanggang pacuan kuda tertua di Sumatera Barat yang dibangun Tahun 1957  sebagai bagian dari rangkaian ivent kepariwisataan daerah Solok khususnya Kota Solok dan juga sebagai ajang wisata Sumatera Barat yang sudah bergulir selama puluhan tahun lalu dan terus dilestarikan, sejak Kota Solok masih merupakan nagari.

Pembangunan Sosial Dan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas

Pelaksanaan agenda pembangunan sosial dan sumber daya manusia yang berkualitas ditujukan dalam rangka pencapaian tiga misi RPJMD 2011 - 2015, yakni misi meningkatkan kualitas pelayanan bidang pendidikan dan kesehatan, dan misi meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial dan penanggulangan kemiskinan serta misi meningkatkan pembinaan kepemudaan dan olah raga.

Peningkatan kualitas dan Tatanan Kehidupan Masyara

Peningkatan kualitas dan Tatanan Kehidupan Masyarakat

Dalam rangka meningkatkan kualitas tatanan kehidupan masyarakat yang beriman dan bertaqwa serta mengembangkan nilai-nilai adat dan budaya di tengah masyarakat berlandaskan adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah, diantaranya melalui :

Survei Pasar Raya Solok dan Pasar Pagi

Survei Pasar Raya Solok dan Pasar Pagi

Dalam rangka menindaklanjuti usulan perbaikan Prasarana Pasar dari dinas/ instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota Solok yang akan dilaksanakan pada tahun 2016, dilaksanakan survey pada tanggal 21 Mei 2015 ke Pasar Raya Solok dan Tanggal 22 Mei ke Pasar Pagi.

Bimbingan Teknis Perencanaan Pembangunan Daerah

Bimbingan Teknis Perencanaan Pembangunan Daerah

Berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, perencanaan pembangunan bertujuan untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan. Disamping itu perencanaan pembangunan juga bertujuan untuk menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.

Pembentukan Dewan Riset Daerah di Kota Solok

Rintisan Pembentukan Dewan Riset Daerah di Kota Solok

Dalam rangka menumbuhkembangkan motivasi dan memberikan stimulasi serta menciptakan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan dan sinergi unsur kelembagaan, sumber daya, dan jaringan ilmu pengetahuan dan teknologi di daerah, dibentuklah Dewan Riset Daerah (DRD), dimana nantinya DRD ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada Pemda berupa pemikiran dalam rangka untuk menyusun arah, prioritas, serta kerangka kebijakan Pemda di bidang iptek sesuai dengan potensi keunggulan daerah yang dimiliki, disamping itu juga membantu mencari solusi dalam menyelesaikan isu-isu strategis dan permasalahan dan kesulitan hidup yang dihadapi masyarakat  Kota Solok serta secara proaktif memberikan saran/gagasan mengenai pengembangan potensi daerah yang berpeluang untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Implikasi Alih Kelola Program Penanggulangan Kemis

Implikasi Alih Kelola Program Penanggulangan Kemiskinan

Kepala Bappeda Kota Solok Viveri Andra, SH, MSi membuka acara Studi Tematik Komunitas Belajar Perkotaan (KBP) PNPM Mandiri Perkotaan Tahap II pada tanggal 27 April 2015 di Aula Bappeda Kota Solok. Studi Tematik KBP merupakan wadah bagi stakeholders terkait untuk berbagi (sharing) pengalaman penanggulangan kemiskinan baik di tingkat masyarakat atau di tingkat stakeholders sendiri melalui kajian rutin terhadap penanggulangan kemiskinan. Studi Tematik KBP Tahap II ini bertemakan “Implikasi-implikasi Alih Kelola Program Penanggulangan Kemiskinan Kepada Pemerintah Kota”.

Rapat Koordinasi Evaluasi Realisasi Pelaksanaan Program Kegiatan Tahun 2015

Guna melihat sejauh mana usulan Musrenbang 2014 Bidang Ekonomi ditampung dan dilaksanakan oleh SKPD dalam Anggaran 2015, maka dilakukan evaluasi pelaksanaannya pada tanggal 24 April 2015 yang dihadiri oleh Fasilitator Bidang Ekonomi dari Kelurahan dan Kecamatan di Kota Solok serta dari Kelurahan, Kecamatan serta SKPD pelaksana kegiatan yaitu Dinas Koperindag, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan, Kantor Pasar, Kantor Ketahanan Pangan dan Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah serta Bappeda sendiri sebagai Koordinator dan pelaksana pertemuan.

Pembinaan Penerapan KLHS Oleh Tim BAPEDALDA

Dengan akan dilaksanakannya penulisan dokumen RPJMD Kota Solok maka tidak bisa terlepas dari dokumen pendukungnya yaitu dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), sesuai dengan Permendagri Nomor 67 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan atau Evaluasi Rencana Pembangunan Daerah.

Rapat Pembahasan Outline Penyusunan Rancangan Awal RPJMD

Dalam rangka menjabarkan visi misi Walikota terpilih periode 2016-2020 maka perlu disusun Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang berisi gambaran umum kondisi daerah, kerangka pendanaan daerah, analisis isu strategis pembangunan daerah, perumusan tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan serta indikator kinerja daerah. Maka pada tanggal 17 April 2015 telah dilakukan rapat pembahasan outline oleh Tim Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Tim dibentuk dengan SK Walikota Nomor : 188.45.245 Tahun 2015.

Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2015

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, sebagaimana telah diubah beberapa kali, yang terakhir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, Kepala Daerah menyusun Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) berdasarkan RKPD dan pedoman penyusunan APBD yang  ditetapkan Menteri Dalam Negeri setiap tahun.

Musrenbang RKPD Tahun 2016 Kota Solok

Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2016 Kota Solok

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (MUSRENBANG – RKPD) Kota Solok Tahun 2016 direncanakan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 25 s/d 27 Maret 2015, dibuka oleh Walikota Solok H. Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa, MM, Selasa 25 Maret 2015 bertempat di Gedung Pertemuan Kubuang Tigo Baleh Kota Solok. Adapun peserta dan undangan yang hadir pada Musrenbang Kota Solok 2016 ini terdiri dari, unsur Muspida Kota Solok, Bappeda Prov. Sumatera Barat, Ketua Komisi DPRD Kota Solok, Sekda Kota Solok, Pimpinan SKPD dilingkungan Pemko Solok, Camat dan Lurah se-Kota Solok, Ketua KAN, LKAAM, Bundo Kanduang, Perwakilan LSM se-Kota Solok, Organisasi Profesi dan Organisasi Kemasyarakatan, Pimpinan BUMN/D serta Fasilitator Perencanaan Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Solok.

Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan tahun 2015

Rapat pertama Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan tahun 2015 dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2015 dan bertempat di ruang rapat Bappeda Kota Solok. Wakil Walikota Solok, H. Zul Elfian, SH, MSi selaku Ketua TKPK Kota Solok langsung memimpin rapat ini yang dihadiri oleh anggota Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan yang terdiri dari kelompok kerja dan kelompok program.

Program Percepatan Pembangunan Sanitasi

Air minum dan sanitasi adalah layanan dasar yang pemenuhannya bukan sekedar meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup tetapi intinya juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Rencana Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 mengamanatkan pada tahun 2019, Indonesia bisa mencapai target 100% akses sanitasi (universal access).

Pelaksanaan Forum SKPD di Kota Solok

Forum SKPD (Pra Musrenbang Kota) merupakan proses yang dilaksanakan untuk menyempurnakan rancangan Renja SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok dengan mengakomodir hasil musrenbang kecamatan sesuai prioritas pembangunan daerah yang menjadi Tupoksi SKPD, dimana Forum SKPD dilaksanakan setelah pelaksanaan Musrenbang Kecamatan.

Perencanaan Pembangunan Daerah

Perencanaan pembangunan daerah dilakukan pemerintah daerah bersama para pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenanganmasing-masing,dengan mengintegrasikan rencana tata ruang dengan rencana pembangunan daerah

Pembangunan Ekonomi Rakyat yang Berdaya Saing

Agenda pembangunan ekonomi rakyat yang berdaya saing mengemban 2 misi pemerintah daerah, yaitu :

  1. Meningkatkan aktivitas perdagangan, jasa, agribisnis dan pariwisata
  2. Meningkatkan pemberdayaan dan pendapatan masyarakat

Pembangunan Hukum dan Tata Pemerintahan Yang Baik

Pembangunan Hukum dan Tata Pemerintahan Yang Baik dan Bersih (good local governance and clean government) bertujuan untuk mewujudkan transparansi, akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas pelayanan pemerintahan dan penegakan peraturan daerah yang berkeadilan.

Kepadatan Penduduk Menurut Administrasi Wilayah

Kepadatan penduduk Kota Solok pada Tahun 2013 berkisar 1.102 jiwa/km2 dengan tingkat kepadatan secara administrasi kecamatan, relatif lebih tinggi di Kecamatan Tanjung Harapan yaitu berkisar 1.210 jiwa/ km2 dibandingkan dengan Kecamatan Lubuk Sikarah yang hanya berkisar 1.002 jiwa/ km2.

Tantangan dan Prospek Perekonomian Kota Solok 2015

Tantangan utama perekonomian Kota Solok mengarah pada peningkatan daya saing daerah dan upaya perwujudan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, yaitu perekonomian tumbuh disertai dengan pemerataan dan peningkatan kualitas hidup penduduk yang tercermin dari peningkatan indikator indeks pembangunan manusia (IPM).

DDA Kota Solok Tahun 2014

Penerbitan “Kota Solok Dalam Angka Tahun 2014” merupakan usaha nyata untuk menyediakan data bagi penyusunan perencanaan, monitoring pelaksanaan program-program pembangunan dan kebijakan pembangunan daerah. Adanya publikasi ini, berarti kita memiliki data dan informasi dari satu sumber yang sama yang diharapkan dapat dipergunakan oleh instansi dan para pihak berkepentingan. 

Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Kreatifitas dan Inovasi

Penyelenggaraan Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Kreatifitas dan Inovasi (KRENOVA) Masyarakat Kota Solok dilaksanakan setiap tahun, dan dimulai sejak tahun 2006. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya kreatif dan inovatif masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kreatifitas dan inovasinya dalam menggali dan mengembangkan potensi dibidang IPTEK yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

PDRB Kota Solok 2013

Publikasi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Solok Tahun Anggaran 2014, sebagai salah satu sumber data penunjang penyusunan perencanaan dan pembangunan daerah Kota Solok dapat kita diterbitkan.

Dokumen Strategi Penanggulangan Kemiskinan Kota Solok

Penyusunan Dokumen Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD) ini pada dasarnya melengkapi dan mengkolaborasi secara lebih mendalam Visi, Misi, Kebijakan dan Program-Program Penanggulangan Kemiskinan yang telah dicantumkan dalam dokumen RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Solok Tahun 2010-2015.

Penilaian Calon Inovator Kota Solok Tahun 2014

Pada tanggal 15 Oktober 2014 diadakan Penilaian Calon Inovator Kota Solok Tahun 2014 di ruang rapat Bappeda Kota Solok. Rapat ini dihadiri oleh unsur Bappeda, Tim Ahli, Kasi Ekbang Kel. Tanjung Paku, Kel. Simpang Rumbio, dan Kel. Kampung Jawa, serta Calon Inovator Kota Solok 2014.

Kebijakan, Kendala, Strategi dan Prioritas Pembangunan Kota Solok

Pembangunan daerah pada hakekatnya adalah upaya terencana untuk meningkatkan kapasitas pemerintahan daerah sehingga tercipta suatu kemampuan yang andal dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan profesional mengelola sumber daya ekonomi daerah secara berdaya guna serta berhasil guna untuk kemajuan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Gambaran UMKM Kota Solok

Pelaku utama perekonomian Kota Solok kebanyakan adalah koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah, yang mencapai hampir 93 %, bergerak pada usaha simpan pinjam, industri rumah tangga, pertanian, perdagangan dan jasa. Jumlahnya setiap tahunnya cenderung mengalami peningkatan seiring dengan perkembangan perekonomian Kota Solok.

Kinerja Ekonomi Kota Solok

Kinerja Ekonomi Kota Solok

Ekonomi Kota Solok dalam rentang waktu 2002 - 2013 menunjukkan kinerja positif dengan rata-rata laju pertumbuhan 5,78 %  seiring dengan perkembangan positif, terutama pada sektor jasa, industri dan sektor utilitas yang terdiri dari sektor listrik, gas, sektor transportasi dan komunikasi. Hal ini semakin memperkuat ciri kekotaan Kota Solok yang telah menjadi Kota Administratif sejak Tahun 1970.

Peta Kota Solok

Album Peta Kota Solok

Dalam rangka memenuhi kebutuhan Peta Kota Solok oleh berbagai kalangan, berikut kami sajikan peta administratif dengan skala 1 : 5000

Pengembangan Pekerja Kreatif Lapangan

Peningkatan jumlah angkatan kerja di Indonesia terjadi setiap tahunnya seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Isu penting dari peningkatan jumlah angkatan kerja ini adalah penciptaan lapangan kerja. Upaya penciptaan lapangan kerja telah dilakukan melalui berbagai sektor pembangunan namun belum mencukupi. Terbatasnya daya serap usaha sektor formal menjadi penyebab terjadinya pengangguran. Alternatif usaha yang ditempuh oleh tenaga kerja yang tidak terserap di sektor formal adalah membuka usaha kecil-kecilan dengan modal, keterampilan dan keuntungan yang terbatas. Usaha ini kemudian dikenal dengan istilah usaha sektor informal. Jumlah pekerja sektor informal ini di Indonesia mencapai lebih dari 60% (BPS, 2012) dan sebagian besar berada di perkotaan.

Data Keluarga Miskin Kota Solok

Penduduk miskin Kota Solok dari Tahun 2005 sampai Tahun 2010 cenderung mengalami penurunan dari 2.424 rumah tangga menjadi 1.928 rumah tangga. Namun, berdasarkan release data TNP2K dalam rangka program perlindungan sosial, pada Tahun 2011 mengalami peningkatan menjadi 2.774 rumah tangga.

Penanggulangan Kemiskinan

Masyarakat miskin secara umum ditandai dengan ketidakberdayaan atau ketidakmampuan dalam hal memenuhi kebutuhan dasar (basic needs) seperti pangan dan gizi, sandang, papan, pendidikan dan kesehatan. Di samping itu masyarakat miskin juga ditandai dengan ketidakmampuan dalam melakukan kegiatan usaha produktif serta ketidakmampuan dalam menjangkau/mengakses sumberdaya sosial dan ekonomi. Kemiskinan dapat menghambat pencapaian demokrasi, persatuan dan keadilan, sehingga penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu kebijakan utama yang diperlukan untuk memperkuat landasan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

RKPD Kota Solok Tahun 2014

Penyusunan RKPD ditujukan sebagai upaya mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang sinergis dan terpadu antara perencanaan pembangunan Nasional, Provinsi dan Kota.

DDA Kota Solok Tahun 2013

Penerbitan “Kota Solok Dalam Angka Tahun 2013” merupakan suatu kegiatan rutin untuk menyediakan data bagi perencanaan pembangunan. Adanya publikasi ini, diharapkan semua instansi dapat memanfaatkan dalam menyusun perencanaan yang baik, sistematis, menyeluruh dan terpadu.

Musrenbang RKPD 2015

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (MUSRENBANG – RKPD) Kota Solok Tahun 2015 dibuka oleh Walikota Solok H. Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa, MM, Selasa 25 Maret 2014 bertempat di Gedung Pertemuan Kubuang Tigo Baleh Kota Solok.

Bron Captering Pincuran Gadang

Bangunan Bersejarah di Kota Solok

Bron Captering Pincuran Gadang merupakan salah satu peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1923. Bron Captering masih berfungsi hingga saat ini dalam memasok kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Solok, dengan sistem transmisi dan distribusi gravitasi dari Mata Air Pincuran Gadang.

Produk Industri Rumah Tangga Kota Solok

Produk industri rumah tangga Kota Solok yang telah dikenal tidak hanya di tingkat lokal, antara lain adalah Beras Solok, makanan ringan karak kaliang 88, gelamai sirsak dan dodol kentang, dengan memanfaatkan produksi hasil pertanian yang ada di Kota Solok. Disamping itu, juga berkembang industri pengolahan bahan-bahan dari kayu, tekstil, pakaian jadi, tekstil, kulit dan usaha percetakan.

Land Use Kota Solok

Perkembangan penggunaan lahan Kota Solok, secara garis besar komposisinya selama lima tahun terakhir tidak mengalami perubahan yang signifikan, dengan jenis penggunaan lahan yang dominan adalah hutan, sawah dan perumahan.

Rapat Koordinasi DAK Tahun Anggaran 2014

Rapat Rencana Peruntukkan Alokasi Dana DAK, TP dan Dekon Tahun 2014 yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 10 Maret 2014 dibuka oleh Kepala  Bappeda  Kota Solok  dengan arahan :

  • Untuk DAK Tahun 2014 Kota Solok mendapat alokasi dana sebesar  Rp.32.287.100.000,-, Tahun 2013 mendapatkan alokasi dana sebesar Rp.25.424.230.000,- dibandingkan Tahun 2013 mengalami peningkatan sebesar Rp. 6.862.870.000,-. 

Rapat Persiapan TMMD Kota Solok

Rapat ini bertujuan untuk melakukan Koordinasi dengan SKPD terkait Dalam Rangka Mendukung  Rencana Sasaran Program Terpadu TMMD ke-94 di Wilayah Kota Solok dan Pengalokasian Dana pada APBD TA 2015. Dalam rapat disepakati kemungkinan dukungan terhadap pelaksanaan TMMD melalui integrasi dan sinergi dengan program kegiatan yang telah ada di SKPD dengan tidak menambah anggaran, diantaranya kegiatan padat karya, Rehab Rumah Tidak Layak Huni, Pembangunan jalan usaha tani dan Kegiatan goro badunsanak.

PDRB Kota Solok Tahun 2012

PDRB menggambarkan perkembangan sektoral perekonomian daerah dan menjadi salah satu indikator kinerja pelaksanaan pemerintahan daerah. Berikut secara lengkap ditampilkan PDRB Kota Solok Menurut Lapangan Usaha Tahun 2012 :

Demografi Kota Solok

Penduduk Kota Solok berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010 berjumlah 59.396 jiwa dengan laju pertumbuhan antar sensus rata-rata 2,13 persen. Sedangkan dari data registrasi kependudukan Kota Solok Tahun 2012, telah meningkat menjadi berjumlah 66.753 jiwa, dengan perbandingan penduduk menurut kelompok umur :

Event Wisata dan Olah Raga Tradisi

Salah satu iven atau gelaran tradisi rutin tahunan yang diselenggarakan masyarakat  Kota Solok dengan dukungan dari Pemerintah Daerah adalah pacuan kuda di Gelanggang Pacuan Kuda Ampang Kualo Kelurahan Kampung Jawa.

Pembangunan Pendidikan di Kota Solok

Upaya Pemerintah Kota Solok agar seluruh anak memperoleh pendidikan, dilakukan antara lain melalui penyediaan sekolah mulai dari tingkat taman kanak-kanak sampai sekolah menengah atas dan sekolah kejuruan. Disamping membuka peluang partisipasi swasta, terutama untuk pendidikan taman kanak-kanak, sekolah dasar dan tingkat sekolah menengah kejuruan. Bahkan Pemerintah Kota Solok mulai Tahun 2010 telah merintis pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelompok Pariwisata dengan bidang keahlian  tata boga, tata busana dan perhotelan, berlokasi di Kelurahan Laing.

RTRW Kota Solok 2012 - 2031

Diberlakukan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, perlu menyesuaikan Peraturan Daerah Kota Solok Nomor 1 Tahun 2007 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Solok. 

RPJP Kota Solok

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Solok merupakan salah satu dokumen perencanaan pembangunan daerah yang berisi jabaran dari tujuan dan cita-cita dibentuknya Kota Solok sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 08 Tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Otonom Kota Kecil dalam Lingkungan Provinsi Sumatera Tengah (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 19) dan pelaksanaan Pemerintahan Kota Solok berdasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 08 tahun 1970.

RPJMD Kota Solok 2010 - 2015

RPJMD adalah suatu dokumen perencanaan strategis sebagai penjabaran visi, misi dan program kepala daerah selama kurun waktu 5 (lima) tahun yang penyusunannya berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi.

Fokus Prioritas Pembangunan

Prioritas pembangunan sebagaimana tercantum dalam RPJMD Kota Solok 2010 - 2015 ada 13 (tiga belas) prioritas pembangunan yang setiap tahun anggaran perlu diperjelas titik berat yang akan dilaksanakan  berdasarkan identifikasi masalah krusial yang dihadapi setiap tahunnya.

Capaian Pelaksanaan SIPD Tahun 2013

Kota Solok mampu mengungguli 18 kabupaten/ kota di Sumatera Barat, menduduki Peringkat Pertama, dalam hal pengisian Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD online) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Tahun 2013, berdasarkan hasil rapat evaluasi keterisian data SIPD online yang berlangsung Tanggal 6 s/d 8 November di Pangeran Beach Hotel Padang.

Kondisi Geografis Kota Solok

Kota Solok merupakan salah satu dari tujuh kota di Propinsi Sumatera Barat, berada pada Jalur Lintas Sumatera Bagian Timur yang menghubungkan Propinsi Jambi-Sumatera Barat-Sumatera Utara sehingga termasuk kota yang memiliki aksesibiltas masuk dan keluar kota yang cukup mudah, dengan jarak kurang lebih 64 kilometer dari Kota Padang, atau 73 kilometer dari Kota Bukittinggi.

Pembangunan Kesehatan di Kota Solok

Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan di Kota Solok telah disediakan pengobatan gratis di Puskesmas se-Kota Solok melalui :

  • Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (JAMKESDA) ;
  • Jaminan Pelayanan Persalinan Normal (JAMPERSAL).
rapat TKPK kota solok

TKPK Kota Solok Gelar Rapat Koordinasi

SOLOK, Rabu (19/06) Kali pertama ditahun 2013 Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Solok digelar yang bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Solok yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota selaku Wakil Ketua TKPK Kota H. Suryadi Nurdal, SH dan jajaran TKPK Kota Solok Tahun 2013.

Kota Solok Adakan Lomba Inovator Teknologi 2013

SOLOK, Kamis (30/05) Bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Solok dilaksanakannya Sosialisasi Lomba Inovator Teknologi 2013 yang dipimpin langsung Kepala Bappeda Kota Solok Ir. Hj. Helmiyati Kepala Bappeda dalam arahannya menyampaikan bahwa yang melatarbelakangi diadakannya Lomba Inovator atau yang biasa dikenal Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) ini adalah pergeseran paradigma pembangunan ekonomi bahwa tidak bisa lagi hanya mengandalkan keunggulan komparatif yang dinilai, akan tetapi juga didasarkan pada keunggulan kompetitif yang berbasis pengetahuan. Sehingga melalui lomba ini diharapkan dapat; Meningkatkan kompetisi sehat antara pelaku Iptek dan institusi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dalam rangka memacu, menggairahkan dan mendorong pengembangan Iptek di Kota Solok. Disamping juga sebagai wadah penyiapan calon inovator Iptek Kota Solok yang pada akhirnya mampu mengikuti event kegiatan Iptek berskala provinsi bahkan nasional dari Kementerian Riset dan Teknologi serta program insentif Iptek Lainnya.

Website Bappeda Kota Solok

Penerapan aplikasi web telah meluas ke berbagai bidang, mulai dari perbankan, asuransi, bisnis, manufaktur, pendidikan dan pemerintahan. Dalam dunia pemerintahan, aplikasi web digunakan dalam banyak hal diantaranya untuk publikasi informasi tentang daerah, potensi investasi, dan berbagai informasi lainnya yang dapat diakses oleh semua pihak.

PDRB Kota Solok Tahun 2011

Produk Domestik Regional Bruto ( PDRB ) merupakan salah satu indikator pengukur kinerja Pemerintah dalam melaksanakan tugas pembangunan.

DDA Kota Solok Tahun 2011

Publikasi Kota Solok Dalam Angka 2011 merupakan lanjutan dari publikasi tiap tahunnya. Publikasi ini menyajikan beraneka jenis data dari berbagai bidang yang dapat memberikan gambaran mengenai Kota Solok.

PDRB Kota Solok Tahun 2009

Pembangunan suatu daerah dapat berhasil dengan baik apabila didukung oleh suatu perencanaan yang mantap dan relevan sebagai dasar penentuan strategi, pengambilan keputusan dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai.

DDA Kota Solok Tahun 2010

Publikasi Kota Solok Dalam Angka 2010 merupakan lanjutan dari publikasi sejenis tahun sebelumnya, dimana publikasi ini menyajikan berbagai macam data dari berbagai bidang yang dapat memberikan gambaran mengenai keadaan geografi dan karakteristik social ekonomi penduduk Kota Solok.

Realisasi Indikator Kinerja Pemko Solok

Sesuai dengan Permendagri No. 54 tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, maka Realisasi Kinerja Pemerintah Kota Solok kurun waktu 2010 sampai 2011 dan Rencana Target Kinerja Tahun 2012 dan 2013 selengkapnya: