Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) adalah dokumen perencanaan tahunan Pemerintah Daerah yang merupakan penjabaran dari RPJMD serta mengacu pada RKPD Provinsi dan RKP Nasional.

Penyusunan RKPD merupakan tahapan sistem perencanaan pembangunan daerah yang dimulai dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Penyusunan RKPD ditujukan sebagai upaya mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang sinergis dan terpadu antara perencanaan pembangunan Nasional, Provinsi dan Kota. Dengan demikian, maka substansi RKPD mengacu kepada RPJM Daerah, RPJP Daerah, RPJM Nasional, serta RKP.

RKPD merupakan jembatan antara perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan. Berdasarkan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010, RKPD merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). RPJMD Kota Solok Tahap Kedua yaitu RPJMD tahun 2010-2015 akan habis periodenya pada tahun 2015 ini dan RPJMD Tahap Ketiga yaitu RPJMD tahun 2015-2020 akan disusun pada tahun 2015 berdasarkan pada visi dan misi Walikota terpilih pada Pilkada 2015. Oleh sebab itu RKPD Kota Solok Tahun 2016 disusun dengan tetap mempedomani RPJMD Kota Solok Tahun 2010-2015 dan memperhatikan RPJPD Kota Solok Tahun 2005-2025.

Penyusunan RKPD Tahun 2016 didasarkan kepada pencapaian kinerja pembangunan pada tahun sebelumnya, fenomena pembangunan yang ada, isu-isu strategis, serta pertimbangan sinergitas antar sektor pembangunan. Sebagai dokumen perencanaan pembangunan tahunan, muatan kebijakan publik dan arah kebijakan pembangunan daerah selama setahun diharapkan dapat menjadi acuan dalam menentukan kebijakan.Selengkapnya