Ekonomi Kota Solok dalam rentang waktu 2002 - 2013 menunjukkan kinerja positif dengan rata-rata laju pertumbuhan 5,78 %  seiring dengan perkembangan positif, terutama pada sektor jasa, industri dan sektor utilitas yang terdiri dari sektor listrik, gas, sektor transportasi dan komunikasi. Hal ini semakin memperkuat ciri kekotaan Kota Solok yang telah menjadi Kota Administratif sejak Tahun 1970.

Sedangkan kontribusi sektor primer yang terdiri dari sektor pertanian dan sektor penggalian, meski masih memperlihatkan perkembangan positif, namun cenderung mengecil dalam dua tahun terakhir, yang antara lain disebabkan oleh semakin sedikitnya lahan pertanian yang tersedia akibat semakin tingginya kebutuhan penyediaan sarana dan prasarana perkotaan, kawasan rumah tinggal, dan bangunan komersial.

Kinerja ekonomi Kota Solok tersebut, relatif sedikit lebih rendah dibandingkan kinerja ekonomi Propinsi Sumatera Barat, dengan laju pertumbuhan sebesar 6.03 % pada kurun waktu yang sama. Namun demikian, dibandingkan dengan tujuh daerah kabupaten/ kota berdekatan dengan Kota Solok, diantaranya Kota Sawahlunto, Kota Padang Panjang, Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, maka laju pertumbuhan ekonomi Kota Solok hanya kalah oleh Kota Padang dan Kota Bukittinggi yang merupakan kota-kota besar di Propinsi Sumatera Barat.

----------------------------------------

*Kontributor : Anton Setiadi, M.E. Kasubbid Data dan Informasi Bappeda Kota Solok