SOLOK, Kamis (30/05) Bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Solok dilaksanakannya Sosialisasi Lomba Inovator Teknologi 2013 yang dipimpin langsung Kepala Bappeda Kota Solok Ir. Hj. Helmiyati Kepala Bappeda dalam arahannya menyampaikan bahwa yang melatarbelakangi diadakannya Lomba Inovator atau yang biasa dikenal Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) ini adalah pergeseran paradigma pembangunan ekonomi bahwa tidak bisa lagi hanya mengandalkan keunggulan komparatif yang dinilai, akan tetapi juga didasarkan pada keunggulan kompetitif yang berbasis pengetahuan. Sehingga melalui lomba ini diharapkan dapat; Meningkatkan kompetisi sehat antara pelaku Iptek dan institusi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dalam rangka memacu, menggairahkan dan mendorong pengembangan Iptek di Kota Solok. Disamping juga sebagai wadah penyiapan calon inovator Iptek Kota Solok yang pada akhirnya mampu mengikuti event kegiatan Iptek berskala provinsi bahkan nasional dari Kementerian Riset dan Teknologi serta program insentif Iptek Lainnya.

Kepala Bappeda Kota Solok juga menyampaikan, bahwa yang menjadi ruang lingkup lomba inovator antara lain; Pertanian dan Ketahanan Pangan, Energi Baru dan Terbarukan, Kesehatan dan Obat-obatan, Rekayasa dan Manufaktur, Kerajinan dan Industri di Rumah Tangga. Dengan kriteria seleksi meliputi penilaian terhadap keaslian dan orisinil karya inovasi, Karya bisa merupakan pengembangan atau perbaikan dari produk yang telah ada dan atau produk tersebut benar-benar baru dimana belum pernah ada teknologi yang sama sebelumnya, Kelayakan teknis atau aplikasi kemampuan teknis diterapkan pada masyarakat sehingga teruji secara nyata dan terlaksana kemanfaatannya, Manfaat ekonomi dampaknya terhadap pembangunan ekonomi kerakyatan dan terhadap pemanfaatan SDA lokal, Potensi aplikasi industri dapat diterapkan dalam industri kecil dan menengah dan mempunyai nilai ekonomi serta Ramah lingkungan, bahan yang digunakan dari dalam negeri dan tidak merusak lingkungan.

Pada kesempatan itu juga disampaikan oleh Kepala Bappeda bahwa untuk lomba inovator tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2013 Kota Solok telah mengirimkan 5 (lima) Inovator yang merupakan pemenang tingkat Kota Solok Tahun 2012, Alhamdulillah dua dari kelima inovator masuk untuk seleksi tahap 2 pada tanggal 1 Juni. Inovator itu adalah Amril, SP (Formula Kuasa Hemsin/Minyak Terbang Organik) dan Hendra (Media Tanam Ramah Lingkungan/Pot Organik).

Bappeda selaku penyelenggara dalam kegiatan sosialisasi ini juga menghadirkan Tim Ahli dari Akademisi dan praktisi diantaranya; DR. Ir. H. Rudi Kusuma, MP dan DR. Ir. Nasrun, M.Sc. guna melakukan pembinaan terhadap 2 (dua) inovator yang lolos untuk ikut seleksi tahap 2 yang diberikan oleh Tim Ahli. DR. Rudi dan DR. Nasrun memberikan arahan-arahan bagi peserta dalam mengikuti lomba, mulai dari persiapkan karya, materi presentasi, bahkan sampai metode penyajian sehingga diharapkan kedua peserta lebih siap dalam mengikuti seleksi. Menurut pengalaman mereka yang juga terlibat sebagai tim penilai tingkat provinsi bahwa kesiapan peserta dalam penyajian juga mempengaruhi dalam penilaian, walau karya yang dihasilkan bagus namun dikarenakan tidak tepat penyajian sehingga tidak dapat dipahami tim penilai. Tentunya diharapkan dengan adanya pembinaan, kedua inovator ini dapat lolos menjadi pemenang nantinya.