Dalam rangka menindaklanjuti usulan perbaikan Prasarana Pasar dari dinas/ instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota Solok yang akan dilaksanakan pada tahun 2016, dilaksanakan survey pada tanggal 21 Mei 2015 ke Pasar Raya Solok dan Tanggal 22 Mei ke Pasar Pagi.

Dari beberapa usulan yang disampaikan tersebut dan hasil survey, memperlihatkan bahwa hal tersebut memang perlu dijadikan prioritas dan mendesak, seperti jembatan penghubung antar Blok yang sudah terlalu keropos dan berlobang sehingga sudah memakan korban beberapa kali. Selain itu, kondisi WC umum yang tersedia dipasar Raya bisa dikatakan sudah jauh dari layak, mulai dari pintu WC yang sudah tinggal separo dan WC yang sudah pecah, perbaikan jalan antar los sudah berlubang sehingga menimbulkan genangan air, kebocoran atap antar blok,dan perbaikan keramik .

Meskipun demikian, usulan-usulan tersebut, ada beberapa volume kegiatan yang harus disesuaikan, termasuk dengan pembangunan tempat peristirahatan pedagang di Pasar Pagi, mengingat saat ini sedang dilaksanakan pembuatan master plan pasar raya dan pasar pagi maka perlu dipertimbangkan lebih lanjut.