Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Solok merupakan salah satu dokumen perencanaan pembangunan daerah yang berisi jabaran dari tujuan dan cita-cita dibentuknya Kota Solok sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 08 Tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Otonom Kota Kecil dalam Lingkungan Provinsi Sumatera Tengah (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 19) dan pelaksanaan Pemerintahan Kota Solok berdasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 08 tahun 1970.

RPJPD Kota Solok berisi kondisi umum daerah, prediksi pembangunan ke depan, visi, misi, dan arah pembangunan jangka panjang daerah untuk periode 2005-2025.

RPJPD Kota Solok ini merupakan pedoman bagi pemerintah kota dan masyarakat secara keseluruhan dalam penyelenggaraan pembangunan daerah yang disusun dengan mengacu pada RPJP Nasional dan RPJPD Provinsi Sumatera Barat serta aspirasi yang berkembang dalam masyarakat kota.

RPJPD akan dijadikan acuan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solok dan Rencana Strategis (RENSTRA) untuk tiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Di samping itu, RPJPD ini juga menjadi pedoman bagi calon walikota dan wakil walikota periode berikutnya dalam menyusun visi, misi, dan program pembangunan daerahnya

Selengkapnya