Sesuai visi dan misi RPJMD 2011 -2015, terdapat 13 prioritas pembangunan sebagai berikut:

  1. Peningkatan keimanan dan ketaqwaan serta peningkatan kualitas nilai-nilai adat dan kebudayaan daerah.
  2. Peningkatan kualitas pelayanan dan mutu pendidikan
  3. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat
  4. Peningkatan kesejahteraan sosial dan penanggulangan kemiskinan
  5. Peningkatan daya saing produk UMKM dan fasilitas pendukung produksi dan pemasaran
  6. Peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan daerah dan reformasi birokrasi
  7. Peningkatan pelayanan infrastruktur kota
  8. Peningkatan pengelolaan sanitasi dan air bersih
  9. Peningkatan sarana dan prasarana olah pemuda dan olah raga
  10. Peningkatan koordinasi penyelenggaraan penataan ruang dan lingkungan hidup
  11. Peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah
  12. Peningkatan kualitas sarana dan prasarana pariwisata
  13. Peningkatan kualitas kesadaran hokum masyarakat

      Dari prioritas pembangunan tersebut diatas dituangkan dalam program dan kegiatan pembangunan daerah yang dilaksanakan  selama 5 tahun. Adapun program dan kegiatan strategis yang dilaksanakan selama periode 2011 s/d 2015 antara lain :

  • Program Pendidikan Non Formal

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan baik formal maupun non formal dengan mengoptimalkan fungsi lembaga-lembaga keagamaan  untuk meningkatkan pengetahuan, pemahanan dan pengamalan ajaran agama melalui partisipasi masyarakat dalam setiap kegiatan keagamaan dan dalam pengembangan  prasarana dan sarana ibadah. Program ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan-kegiatan antara lain pelaksanaan Mabit bagi siswa SLTP dan SLTA, serta didikan subuh.

  • Program Penataan Administrasi kependudukan

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat. Dengan memberikan kemudahan pengurusan dokumen kependudukan pada masyarakat melalui pelayanan satu pintu tanpa adanya pungutan dengan sistem online dengan waktu pelayanan yang tepat waktu.

  • Program Peningkatan Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan kemitraan dengan lembaga penegak hukum dalam hal pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan dengan meningkatkan partisipasi masyarakat.

  • Program Peningkatan Prasarana dan Sarana Gedung Kantor

Program ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana gedung kantor pemerintah daerah untuk peningkatan kinerja dalam hal pelayanan publik. Pembangunan gedung kantor yang representatif seperti pembangunan kantor DPRD, kantor Inspektorat, kantor lurah, kantor BPBD, kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah dan lainnya.

  • Program Pemberdayaan Masyarakat

Program ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi swadaya masyarakat dalam setiap tahapan pembangunan melalui semangat gotong royong dalam pelaksanaannya melalui  adanya kegiatan bulan bakti goro badunsanak setiap tahunnya.

  • Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu dengan program wajib belajar 9 tahun, didukung dengan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan yang berkualitas serta kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan dalam dan luar negeri. Pelayanan pendidikan gratis sampai tingkat SLTP bagi seluruh masyarakat Kota Solok.

  • Program Upaya Kesehatan Masyarakat

Program ini bertujuan untuk memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat melalui jaminan kesehatan, pelayanan rujukan pasien masyarakat miskin, pelayanan kesehatan dasar, penanganan gawat darurat, air minum yang memenuhi syarat kesehatan, akses jamban sehat dan rumah/bangunan bebas jentik nyamuk aides.

  • Program Peningkatan Prasarana dan Sarana Olah Raga

Program ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan prasarana dan sarana olah raga yang representatif yang dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat, seperti pembangunan Hall serba guna, kolam renang dan rencana pembangunan Gelanggang Olah raga (GOR) Kota Solok.

  • Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Perdagangan

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana perdagangan dengan membangun pasar grosir yang representatif, revitalisasi pasar dan lingkungan di pasar raya solok melalui ketersediaan masterplan pasar. Pembangunan pasar raya eks kantor pos dan rencana pemanfaatan lahan PT KAI.

  • Program Pembinaan Pedagang Kaki Lima dan Asongan

Program ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pengaturan dan penataan lingkungan usaha yang aman dan nyaman dengan peningkatan dan penataan kawasan usaha sektor informal/ PKL. Dengan penyediaan sarana bagi PKL seperti ketersediaan pasar kuliner.

  • Program Peningkatan Promosi dan Kerjasama Investasi

Program ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pengaturan dan penataan lingkungan usaha melalui penyederhanaan proses untuk memulai usaha, kerjasama investasi, promosi terpadu investasi, perdagangan dan pariwisata. Membuat peluang investasi bagi investor untuk pengembangan pasar modern di sekitar terminal bareh solok.

  • Program Penyediaan dan Pengolahan Air Baku

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan air bersih dengan meningkatkan pelayanan dan kualitas air bersih bagi masyarakat sesuai dengan standar dengan meningkatkan kapasitas air baku untuk air minum. Seperti rencana pemanfaatan sumber air baku di daerah Payo.

  • Program Pembangunan Sarana dan Prasarana Perhubungan

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi dengan meningkatkan kapasitas penyelenggaraan perhubungan dan lalu lintas yang menyeluruh dan terpadu dalam hal kulitas sarana dan prasarana perhubungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

  • Program Pembangunan Sarana dan Prasarana Pertanian

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana  serta produksi pertanian/perkebunan dan peternakan, pemberdayaan penyuluh pertanian/perkebunan lapangan dan peternakan serta kesejahteraan hidup petani.

            Diantara  program-program prioritas tersebut terdapat beberapa kegiatan strategis infrastruktur yang telah dilaksanakan pada periode tahun 2011 sampai dengan tahun 2015 antara lain :

  • Pembangunan prasarana dan sarana kantor

Pembangunan Prasarana dan Sarana Kontor seperti pembangunan tahap I gedung kantor Inspektorat di kelurahan Tanjung Paku dimana pembangunannya akan dilanjutkan pada tahun 2016, dan pembangunan gedung kantor DPRD di kelurahan Nan Balimo yang saat ini sudah dimanfaatkan.

  • Pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3

Pembangunan SMK 3 yang direncanakan untuk bidang Pariwisata, Perhotelan, Tata Boga dan Tata Busana, telah dilakukan beberapa tahap pembangunan, dimana pada awalnya menggunakan dana sharing dari propinsi dan dilanjutkan dengan dana APBD Kota Solok dari tahun 2011 s/d 2015. Sampai saat ini sudah terbangun 8 RKB, workshop jurusan Tata Boga, kantor dan perpustakaan, kedepannya direncanakan untuk melanjutkan pembangunan penambahan RKB, Labor, workshop untuk jurusan pariwisata dan perhotelan serta sarana pendukung lainnya seperti pagar, lapangan dan utilitas lainnya.

  • Pembangunan Pasar di lokasi Eks Kantor Pos

Pembangunan Pasar di lokasi eks kantor pos telah dilaksanakan secara bertahap pada tahun 2011 s/d 2013 dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan sarana umum berupa pasar yang representatif dan nyaman bagi masyarakat Kota Solok.  pemanfaatan pasar tersebut dimulai tahun 2016.

  • Pembangunan  Hall Serba Guna

Hall serba guna dibangun dikelurahan Tanjung Paku pada tahun 2011 s/d 2012 terdiri atas dua lantai dengan luas  7.880 m dan daya tampung sebanyak 2.200 s/d 4.000 orang,  memiliki fasilitas antara lain untuk olah raga basket, volly, badminton, takraw dan tenis meja. Hall serba guna ini sudah dimanfatkan oleh masyarakat kota solok baik untuk kegiatan olah raga harian maupun perlombaan-perlombaan yang dilaksankan oleh Pemko Solok.

  • Pembangunan jalan Lingkar Utara

Pembangunan jalan lingkar utara yang direncanakan sepanjang 8,12 Km dengan lebar 28 m, mencakup beberapa kelurahan yaitu kel. Tanah Garam, Kel. VI Suku, Kel. Kampung Jawa, Kel, Nan Balimo dan kelurahan Laing dimana dalam RTRW Propinsi Sumatera Barat termasuk kedalam jalan strategis propinsi.

  • Pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH)

Pembangunan RPH yang representatif di Kelurahan Kampung Jawa, dimana pada tahun 2015 ini sudah dalam tahap uji coba dan pemanfaatan