Solok, (Antara Sumbar) – Pemerintah Kota (Pemkot) Solok telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat di kota penghasil Beras Solok ini sepanjang tahun 2012.

“Peningkatan iman dan taqwa merupakan program prioritas pertama Pemkot Solok karena itu merupakan modal utama dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama,” kata Wali Kota Solok di Solok, Selasa.

Dia menyebutkan, sejumlah program yang telah dilaksanakan Pemkot Solok untuk peningkatan iman dan taqwa, diantaranya melaksanakan program Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) bagi siswa SLTP dan SLTA, dengan cara mengikuti pengajian pada malam hari di masjid dan mushalla dekat tempat tinggal siswa.

Kemudian memberikan pelatihan dan seleksi untuk sertifikasi insentif guru TPA/MDA serta pemberian insentif garin masjid dan mushalla, pelatihan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru TPA/MDA sebanyak 80 orang.

Lalu memberikan bantuan kepada 46 masjid dan 68 mushalla, memfasilitasi didikan subuh pada 65 MDA/TPA, wirid mingguan 42 kali, wirid tafsir 43 kali, wirid bulanan 15 kali, wirid yasin 11 kali.

Selanjutnya pesantren kilat kepada 160 orang murid, perkampungan didikan subuh satu kali dan pembina khusus keagamaan sebanyak 39 orang.

“Berbagai upaya yang kita lakukan ini diharapkan dapat meningkatkan iman dan taqwa masyarakat serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman agama generasi muda Kota Solok,” katanya. (aur/jno)