Pemerintah Kota Solok akan memprioritaskan tiga bidang pelayanan pada 2014, yaitu bidang pelayanan dasar, bidang ekonomi dan bidang sarana prasarana.

Tiga bidang pelayanan ini diharapkan menjadi penunjang utama dalam pencapaian visi dan misi Kepala Daerah periode 2010 - 2015 yang akan memasuki tahun keempat, ungkap Walikota Solok, Irzal Ilyas. Hal ini berkaitan pula dengan tema pembangunan 2014 dalam Kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2014, yaitu "Meningkatkan Kualitas Infrastruktur Kota Guna Mendorong Pengembangan Ekonomi Masyarakat".

Oleh karenanya, arah dan strategi kebijakan pembangunan yang akan ditempuh adalah pencapaian kinerja perekonomian yang berbasis pada ekonomi kerakyatan, pengentasan kemiskinan, dengan memperluas akses terhadap pemenuhan kebutuhan hidup, kesempatan kerja, jaminan kesehatan dan pemerataan pendapatan masyarakat serta kesinambungan pembangunan.

Untuk bidang pelayanan dasar, titik fokusnya adalah pendidikan dan kesehatan, dengan alokasi anggaran ditujukan untuk mewujudkan biaya pendidikan gratis dari tingkat SD sampai SMA, Program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT), program keagamaan lainnya, penyediaan sarana dan prasarana layanan kesehatan yang memenuhi standar kesehatan, mencipatakan tenaga kesehatan terampil, serta program Jamkesmas.

Untuk bidang ekonomi, difokuskan pada peningkatan pendapatan perkapita masyarakat, penyaluran bantuan permodalan melalui LP2EM, pembangunan Pasar Raya di lahan eks Kantor Pos dan lainnya,

Untuk bidang sarana dan prasarana, difokuskan pada lanjutan pembangunan gedung olahraga yang representatif, Jalan Lingkar Utara Kota Solok, pembangunan dan peningkatan drainase kota.