Upaya peningkatan transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintahan Kota Solok, dilaksanakan melalui :

  • Pelayanan Kantor Pelayanan Perizinan terhadap 40 jenis perizinan dan telah dilengkapi dengan SOP serta pada tahun 2012 sertifikasi ISO  9001: 2008 terhadap 9 jenis perizinan yang dilayani,  meliputi izin gangguan, SITU, IUJK, SIUP, TDP, TDI, TDG, IMB dan izin reklame.
  • Pengadaan barang dan jasa melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan operasional Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) sejak tanggal 11 April 2012 sebagai tindak lanjut dari Perpres No. 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Inpres No.17 Tahun 2011 Tentang Aksi Pencegahan dan pemberantasan Korupsi;
  • Penggunaan teknologi informasi sebagai untuk kebutuhan administrasi, pelayanan, dan media sosialisasi kebijakan dan pelaksanaan pembangunan daerah  melalui Website Pemerintah Kota Solok http://solokkota.go.id  yang ditindaklanjuti dalam kerangka sinergitas oleh beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah Kota Solok, Kantor Lingkungan Hidup, dengan http://klh.solokkota.go.id, Bappeda, dengan http://bappeda.solokkota.go.id
  • Penggunaan aplikasi Sistem Informasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, melalui Sistem Informasi Adminstrasi Kependudukan (SIAK) online, dalam rangka dukungan pelaksanaan manajemen kependudukan dan Penerapan KTP Elektronik  mulai Tahun 2011, yang diharapkan dapat mewujudkan jaminan identitas diri masyarakat Kota Solok;

    Dinas Pendidikan, melalui www.solokcerdas.com, dalam rangka dukungan penyediaan informasi sekolah dan penerimaan siswa secara online.