Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan penataan ruang daerah, khususnya di Kota Solok, diperlukan pemantauan (monitoring) dan evaluasi terhadap struktur ruang dan pemanfaatan ruang.

Pada tanggal 2 Mei 2016,  Bappeda Kota Solok yang difasilitasi oleh Direktorat Pengendalian Pemanfaatan Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional mengadakan Focus Group Discussion (FGD) I Kegiatan Pemantauan dan Evaluasi Pemanfaatan Ruang Wilayah Sumatera khususnya untuk Kota Solok bertempat di Ruang Pertemuan Mami Resto Kampung Jawa Solok. Acara dihadiri oleh Pokja Pengendalian dan Pemanfaatan Ruang BKPRD Kota Solok sesuai dengan SK Walikota Solok Nomor  188.45-295 Tahun 2016 Tanggal 12 April 2016.

Kegiatan Pemantauan dan Evaluasi Pemanfaatan Ruang diperlukan untuk evaluasi  Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Solok Tahun 2012-2031 sesuai Peraturan Daerah Kota Solok Nomor 13 Tahun 2012. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui konsistensi pemanfaatan ruang sesuai dengan rencana tata ruang yang ada. Hasil evaluasi ini akan menjadi bahan masukan untuk peninjauan kembali RTRW sesuai dengan ketentuan yang berlaku.